Produk Desa

Produk unggulan yang ada di desa Nita antara lain :

  1. Tanaman Kakao. Kakao merupakan  salah satu jenis tanaman yang menjadi favorit masyarakat pada umumnya. Coklat yang sering kita nikmati di pasaran berasal dari pohon kakao yang diolah menjadi coklat yang lezat. Desa Nita merupakan salah satu desa yang membudidayakan tanaman kakao.

2. Tenun Ikat Tradisional. Kain tenun ikat tradisional khususnya Maumere merupakan salah satu produk budaya yang banyak diminati dan bernilai seni tinggi. Proses pembuatan yang rumit dan masih menggunakan cara-cara tradisional ini pun memakan waktu yang cukup lama, dan membutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk menghasilkan sehelai kain tenunan yang indah. Desa Nita merupakan salah satu desa yang sebagian warga masyarakatnya  pandai menenun, terutama ibu-ibu rumah tangga. Ada pula sanggar budaya “tenun ikat” yang ada di desa ini yaitu “LEPO LORUN” yakni dimana semua proses pembuatan berasal dari bahan-bahan alam dan dengan cara yang tradisional.

3.Tanaman / Pohon Kelapa

Pohon kelapa merupakan salah satu pohon yang hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan. Di desa Nita, roduk yang dihasilkan dari pohon kelapa ant

4. Penyulingan Tuak/Arak/moke

Tuak /arak/moke merupakan minuman tradisional yang ada di kabupaten sikka. Moke dihasilkan melalui proses penyulingan nira yang berasal dari pohon enau. Proses penyulingan moke/tuak/arak biasanya dilakukan di sebuah pondok/kuwu (dalam bahasa sikka) dan masih menggunakan alat-alat yang masih tradisional.